Cari Blog Ini

Sabtu, 07 Mei 2011

REAKSI TERHADAP OBAT INTRAVENOUS YANG DIPAKAI UNTUK UROGRAFI


REAKSI TERHADAP OBAT INTRAVENOUS
YANG DIPAKAI UNTUK UROGRAFI

Bahan kontras dipakai untuk pemeriksaan urografi (ginjal, ureter dan buli). BAHAN INI HANYA BOLEH DIINJEKSIKAN OLEH DOKTER ATAU DENGAN IZIN DOKTER. Harus ada seorang dokter di rumah sakit yang menemani sekaligus memantau pasien sewaktu bahan ini diberikan sampai pemeriksaan sinar-X selesa.
Bahan yang dipakai dalam urografi ini harus diinjeksikan ke dalam vena, bahan ini memungkinkan untuk melihat ginjal, ureter dan buli yang normal tidak terlihat pada foto biasa. Bahan-bahan tersebut adalah senyawa iodine kompleks, yang bisa menimbulkan reaksi pada penderita, mulai dari yang ringan sampai amat serius dan bahkan bisa juga mengakibatkan kematian (walaupun jarang).
Reaksi terhadap bahan ini bisa terjadi pada awal injeksi atau segera sesudahnya atau bahkan tertunda 20 - 40 menit setelah injeksi. Reaksi yang terjadi tidak tergantung pada jumlah obat yang diinjeksikan, sejumlah kecil bisa menimbulkan reaksi yang sama beratnya dengan jumlah yang besar. Tidak ada cara yang bisa dipakai untuk mentes penderita sebelum injeksi dilakukan.
Reaksi yang ringan sering terjadi (jangan dikacaukan dengan epileptic fit), tetapi untungnya reaksi yang amat serius jarang terjadi. Setiap orang bisa memberikan reaksi. Reaksi terhadap obat tidaklah secara khas berhubungan dengan bentuk-bentuk alergi yang lain, walaupun penderita asthmatik bisa memberikan reaksi yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak mempunyai riwayat alergi. Tidak seorang pun bisa yakin bahwa tidak akan timbul reaksi, usahakan untuk mengetahui obat yang telah dipergunakan itu. Kemungkinan kecil timbul reaksi kedua pada mereka bila diinjeksikan bahan kontras yang berbeda. Tetapi bila penderita pernah mengalami reaksi sebelumnya, anda harus siap untuk menghadapi timbulnya reaksi yang lain.
HARUS SELALU TERSEDIA PENGOBATAN YANG MEMADAI (ANTI-HISTAMIN, STEROID, EPINEFRIN, ATROPIN DAN CAIRAN GARAM I.V.) SEBELUM BAHAN KONTRAS DIINJEKSIKAN, PERLU PERHATIAN KHUSUS UNTUK BAHAN KONTRAS YANG DIPAKAI UNTUK PEMERIKSAAN CHOLANGIOGRAFI.
Text Box: DUA ATURAN POKOK :
(1) PASTIKAN BAHWA TERSEDIA OBAT-OBATAN UNTUK MENGATASI REAKSI SEBELUM BAHAN KONTRAS DIINJEKSIKAN.
(2) SETELAH BAHAN KONTRAS DIINJEKSIKAN, JANGAN MENINGGALKAN PENDERITA TIDAK TERJAGA SAMPAI PEMERIKSAAN SELESAI DAN PENDERITA MERASA SEHAT-SEHAT SAJA. TIDAK PERNAH ADA PENDERITA YANG MENDAPAT REAKSI SERIUS SETELAH 60 MENIT.

Text Box: BERTINDAKLAH BIJAKSANA :
BILA PENDERITA MEMPUNYAI RIWAYAT ADANYA REAKSI TERHADAP INJEKSI BAHAN KONTRAS ATAU RIWAYAT ALERGI YANG BERAT, RUJUKLAH KE RUMAH SAKIT BESAR UNTUK PEMERIKSAAN.

PASTIKAN BAHWA ANDA TELAH MENYEDIAKAN ATROPIN I.V., ANTI-HISTAMIN, EPINEFRIN I.V. DAN STEROID SERTA SEMPRIT, DALAM ATAU DEKAT RUANGAN SINAR-X SEWAKTU BAHAN KONTRAS DIBERIKAN.

REAKSI RINGAN
Penderita akan mengeluh adanya rasa panas dan tertekan pada abdomen, bersin, timbul urticaria (biduran), merasa mual dan menjadi gelisah.

Pengobatan
Tentramkan penderita. Katakan padanya jangan khawatir karena reaksi akan segera berlalu. Kendorkan pakaian penderita bila ketat. Katakan kepada penderita untuk menarik napas dalam dan relax.
Tinggallah bersama penderita dan perhatikan dia dengan seksama sampai gejala menghilang. Bila reaksi yang terjadi ini tidak membaik dalam beberapa saat, suruh seseorang untuk memanggil dokter atau perawat.

REAKSI YANG LEBIH KUAT
Penderita mungkin muntah, napas menjadi pendek (dyspneu) dan kulit menjadi pucat. Dia mulai berkeringat dan amat gelisah. Denyut nadi menjadi cepat.

Pengobatan
Tetap tenang dan tentramkan penderita.
Tinggikan kepala dan bahu penderita bila napasnya menjadi pendek.
Bila muntah miringkan kepala ke satu arah untuk mencegah aspirasi muntahan.
Bila ada tanda-tanda kolaps (kulit pucat, berkeringat, nadi cepat) naikkan kaki penderita dan rendahkan kepalanya (bila memungkinkan, lakukan hal ini diatas meja sinar-X). Lebih penting, JAGA AGAR PENDERITA TETAP BERBARING.
Tetaplah bersama penderita setiap saat.
Panggil dokter bila gejala-gejala tidak cepat membaik (setelah beberapa menit.

REAKSI KONTRAS YANG BERAT
Kulit pucat, berkeringat, napas amat dangkal, nadi cepat dan amat lemah. Hilangnya kesadaran dan jantung berhenti berdenyut.

REAKSI KONTRAS YANG BERAT ADALAH SUATU KEADAAN GAWAT DARURAT. ANDA HARUS BERTINDAK CEPAT.
-          Panggil dokter dan perawat.
-          Buatlah penderita tetap hangat dan mulailah melakukan pernapasan buatan bila penderita berhenti bernapas.
-          Bila oksigen tersedia, berikanlah pada penderita bila napasnya sulit. Pastikanlah bahwa jalan napas tidak tersumbat.
-          Bila dokter dan perawat tiba, beritahukan mereka di mana obat-obatan untuk keadaan gawat darurat tersimpan.

Tindakan dokter
Periksa keadaan umum penderita :
-          Apakah penderita masih bernapas?
-          Apakah jalan napas baik (tidak tersumbat)?
-          Apakah jantung masih berdenyut?
Bila tidak, mulailah resusitasi jantung-paru, pulihkan jalan napas bila perlu

PERIKSA NADI



 ***SEMOGA BERMANFAAT***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar